10 Jenis Masakan khas Sunda Jawa Barat yang sederhana

10 Jenis Masakan khas Sunda Jawa Barat yang sederhana - Kulineran yang ada di nusantara memang mempunyai daya tariknya tersendiri. Salah satunya yang harus kamu coba ialah kulineran khas Sunda jawa barat.


Wilayah sisi Barat pulau Jawa ini memiliki ciri  kulineran khas yang orisinal, sedap, dan pasti membuat kamu ngiler. banyak beraneka macam makanan khas Sunda berikut diantaranya adalah!


1. Sayur Asam

 

Sayur asam
 
Sayur asem menjadi salah satu masakan favorite yang sering disajikan sebagai menu harian dirumah. Cita-rasa fresh dan asamnya membuat makan berasa lebih nikmat.


Masing-masing tempat mempunyai resep sayur asem uniknya sendiri. Salah satunya yang terfavorit yaitu sayur asem sunda. perbedaannya dengan sayur asem yang lain ada di kuahnya yang lebih bening.

2. Karedok

Karedok

 
Karedok merupakan makanan khas suku Sunda yang sepintas serupa dengan gado-gado. Banyak yang menerka karedok berawal dari Jakarta, meskipun sebenarnya karedok merupakan makanan asli Sunda yang bisa kamu temui di berapa wilayah di Indonesia. Karedok menyajikan bermacam sayur dengan saus kacang tanah dengan kepedasan yang dapat membangkitkan selera makan.


Karedok biasanya dihidangkan dari sayur yang mentah serta tak diproses yang sehat untuk dikonsumsi, terutama untuk Kamu yang ingin menjalankan program diet. Karedok miliki yang rasa unik karena kombinasi dari kencur serta sauce kacang sebagai satu.


Sayuran yang digunakan untuk membuat karedok cukup bervariasi, seperti mentimun, toge, kacang-kacangan, terong hijau kecil, kubis, basil, serta beberapa sayuran yang dapat ditambahi sesuai keinginan pembuatannya.


Perbedaan antara gado-gado dengan karedok. Jika gado-gado memanfaatkan sayur yang sudah direbus, karedok menggunakan sayur yang masih mentah. Di suku Sunda, orang menyebutkan karedok berikut nama lotek atah yang bermakna lotek mentah. Karedok enak dikonsumsi bersama nasi hangat, tempe, tahu, serta krupuk.

3. Nasi liwet Sunda

 
10 Jenis Masakan khas Sunda Jawa Barat yang sederhana

Nasi liwet Sunda enaknya dikonsumsi ramai-ramai dengan keluarga atau teman. Walau lauknya sederhan tapi rasanya yang pulen renyah membuat ketagihan.


Nasi liwet atau nasi renyah sebagai olahan nasi ciri khas nusantara. Nyaris setiap wilayah mengenali macam nasi renyah ini. Sebagai beras yang diolah dengan santan dan sedikit rempah hingga rasanya renyah dan wewangiannya wangi.

4. Sate Meranggi

Sate maranggi merupakan sate berasal dari Purwakarta, Jawa Barat. Sate maranggi memakai daging kambing atau daging sapi sebagai bahan intinya. Kecuali di Purwakarta, sate maranggi banyak juga dipasarkan di wilayah sekelilingnya sampai capai teritori Cianjur. 


Nyaris di tiap pojok kota Purwakarta ada warung atau penjual yang menawarkan sate maranggi dengan berkeliling-keliling atau tinggal pada tempat.


Pengerjaan sate maranggi sedikit berlainan dengan sate yang lain. Sate maranggi dibikin dengan proses memendam daging ke bumbu saat sebelum ditusuk dan dibakar. Karena daging telah diberi bumbu awalnya, sate maranggi tidak perlu dihidangkan bersama sauce pengiring. 


Walau tanpa sauce, cita-rasa sate telah terasa di lidah karena gabungan bumbu rendamannya. Sementara untuk penyuguhannya sate maranggi umumnya dikonsumsi bersama potongan bawang merah dan tomat fresh.

5. Pepes Ikan Mas

Kecuali dimasak, ikan mas pas dibuat jadi pepes. Menu ciri khas Sunda ini mempunyai rasa yang lezat sarat dengan bumbu. Disamping itu, struktur dagingnya halus dan bumbu yang menyerap.

Wewangian pepes ikan mas yang kuat berawal dari bumbu-bumbu rempah, salah satunya ialah kemangi, serai, kunyit, jahe, dan lengkuas.


Untuk melembutkan bumbu, anda dapat memakai jus. Janganlah lupa untuk pisahkan bumbu yang simak seperti jahe dan serai dengan bumbu yang lebih lunak seperti bawang dan cabe. Supaya gampang dibuat saat membuntel pepes, daun pisang harus dilayukan dahulu dengan mengukusnya sesaat saja. 


Saat sebelum dihidangkan, pepes makin lebih nikmat bila dipanggang sesaat dengan api sedang, sampai ke-2 segi daun pembungkusnya layu terbakar.

6. Seblak Ceker

Seblak merupakan makanan Indonesia, sebagai makanan ciri khas dari Sunda, Jawa Barat yang berasa pedas dan gurih. Dibuat dari krupuk basah yang diolah dengan sayur dan sumber protein seperti telur, ayam, atau masakan daging sapi, diolah dengan bumbu tertentu.


Seblak sekarang jadi makanan jajan jalanan yang disukai bermacam kelompok warga khususnya di wilayah Jawa Barat dan Jabodetabek. Seblak dihidangkan di dalam rumah makan dan warung, dan ditawarkan di gerobak pedagang keliling. 

Makanan yang memiliki tekstur kenyal ini mempunyai rasa yang pedas dan beri kesegaran, dan mempunyai beberapa macam, baik rasa atau bahan tambahan paket.

7. Tumis Genjer Oncom

Masakan Sunda yang telah jarang-jarang ada yaitu Oseng Genjer Oncom. Walau sebenarnya Genjer tersebut bagus untuk pencernaan jika dimakan. Karena itu, mengolah genjer tidak perlu waktu yang lama supaya nutrisinya tidak raib.

8. Bakakak Hayam

Bakakak hayam ialah menu masakan favorit yang gampang ditemui di tanah Sunda. Sebagai makanan ciri khas Sunda sebagian orang kemungkinan memandang nama makanan ini lucu dan unik, khususnya buat mereka yang baru pertama kalinya dengarnya.


Sejumlah besar warga Sunda terutamanya wilayah Pandeglang, bakakak hayam dikelompokkan jadi makanan yang dipakai untuk aktivitas acara pesta tradisi, seperti pernikahan, sunatan dan upacara tradisi yang lain.


Bakakak hayam sendiri sebagai masakan yang memakai bahan khusus berbentuk ayam yang diberi bumbu khusus berasa Sunda yang selanjutnya diproses dengan dipanggang.


Ayam yang dihidangkan sebagai seekor ayam utuh hingga dapat dikonsumsi untuk sebagian orang sekalian, nyaris serupa seperti ayam ingkung. Bakakak hayam dapat dihidangkan bersama dua jenis opsi sambal, seperti sambal merah dan sambal hijau. Kecuali sambal, bakakak hayam lebih khusus jika dicicipi bersama lahapan sayur.

9. Empal Gepuk Daging

Gepuk daging ciri khas Sunda ini juga dikenal sebagai empal. Bumbu manis renyah dengan daging yang empuk terbaik dicicipi dengan sambal dadak dan nasi hangat.


Disebutkan gepuk karena daging yang telah diolah dengan bumbu sampai empuk digepuk atau digebukin sampai cukup gepeng. Maksudnya untuk merusak serat daging hingga jadi lunak dan gampang digigit atau dikunyah.


Gepuk daging sesungguhnya tidak lain dengan empal gepuk atau empal biasa bumbunya. Perlu diputuskan daging yang tidak berlemak tapi juga tidak terlampau empuk hingga tidak remuk bila diolah lama dan digebukin. Tipe daging dari paha atas atau lulur atau has luar pas dibuat menjadi gepuk.

10. Empal Gentong

Empal gentong, satu hidangan penuh rempah dan daging sapi ciri khas Cirebon. Kuahnya yang kaya dan rasanya yang demikian ciri khas memang berasa eksklusif dan membahagiakan. 


Kota di pesisir pantai utara Jawa Barat ini populer spesial dengan bermacam masakan tradisionil. Bahkan juga propinsi ini bisa berbangga dengan salah satunya sajian terbaik ini.
 
 
Temukan juga berbagai artikel menarik lainnya dari Haurkoneng.eu.org hanya di Google News atau klik di sini.

LihatTutupKomentar