5 Jenis Tanaman Hias Monstera, Tanaman Berdaun Bolong yang Unik

Jenis jenis Tanaman Hias Monstera, Tanaman Berdaun Bolong yang Unik

Tanaman hias Monstera atau yang lebih dikenal dengan nama Janda bolong merupakan tanaman tropis yang nerasal dari Amerika tengah dan Amerika selatan. Monstera sendiri merupakan tanaman dari anggota suku araceae atau talas-talasan dari marga monstera. 

 

tanaman ini memiliki ciri khas pada daunnya yang berlubang-lubang pada bagian tengah. tanaman monstera atau janda bolong ini juga memiliki banyak varian dari jenisnya diantaranya adalah.

 

Monstera Adansonii

Monstera Adansonii adalah Jenis yang  lebih sering ditemui karena bisa dengan mudah ditemukan di Indonesia. Varietas ini sedikit lebih kecil dari deliciosa. Tanaman ini juga dikenal dengan lubang didaunnya yang bisa memakan sekitar 50% daun.

 

Adansonii juga cenderung memiliki daun yang lebih tebal dan lebih kasar daripada obliqua. Monstera Adansonii cukup mudah ditemukan. Namun, jenis janda bolong ini kerap salah dilabeli sebagai monstera obliqua.

 

Monstera Borsigniana

Monstera Borsigniana sebenarnya adalah variasi dari deliciosa. Meskipun penampilannya mirip dengan Monstera deliciosa, Monstera borsigiana berukuran lebih kecil.

 

Tanaman ini juga tumbuh lebih cepat jika memiliki kondisi pertumbuhan yang tepat. Tanaman dewasa biasanya membentuk dua baris celah yang rapi. Sementara celah daun deliciosa lebih berliku.

 

Monstera Deliciosa

Monstera Deliciosa merupakan jenis monstera yang paling populer sejak dulu. Tanaman ini mudah dikenali dengan daun yang besar, lebar dan berlubang menyerupai celah. Monstera Deliciosa kerap dijadikan dekorasi ruangan yang cantik dan segar ala tropikal.

 

Monstera Variegata

Jenis Monstera Variegata bukan jenis tanaman terpisah melainkan variasi warna. Monstera Variegata termasuk tanaman yang kini punya harga fantastis berkat keunikan warnanya.

 

Tanaman ini bisa memiliki variasi warna antara corak putih atau krem serta berwarna hijau. Tanaman ini cenderung lebih sulit ditemukan dan karenanya jauh lebih mahal.

 

Monstera Variegata juga dikenal sebagai konstelasi Thailand ini berasal dari mutasi genetik. Mutasi yang indah ini dapat memengaruhi spesies Monstera yang berbeda. Monstera Variegata dapat hadir pada jenis monstera obliqua, deliciosa, hingga adansonii.

 

Mini Monstera

Rhaphidophora tetrasperma atau yang dijuluki sebagai monstera mini adalah varietas umum lainnya yang sering disalahartikan sebagai Monstera deliciosa. Berasal dari Thailand dan Malaysia, tumbuhan ini sebenarnya bukan spesies Monstera.

 

Tanaman ini terlihat seperti versi monstera yang lebih kecil dengan karakteristik lubang yang sama pada daunnya, meskipun lubang yang besar cenderung menjangkau hingga ke tepi daun dan tampak lebih berlekuk.

 

Berbeda dengan tanaman Monstera lainnya, Monstera Mini memiliki lubang yang memanjang hingga ke tepi daun. Warnanya biasanya berkisar warna hijau tua yang indah. Mini Monstera termasuk jenis tanaman hias yang cukup terjangkau.

LihatTutupKomentar